Workshop Identifikasi Pusat Informasi dan Konsultasi Bagi Perempuan Penyandang Cacat

Senin, 28 September 2015

Kegiatan “Workshop Identifikasi Pusat Informasi dan Konsultasi Bagi Perempuan Penyandang Cacat” secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Ni Luh Praharsini,SH. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 22 September 2015 bertempat di Hotel Nirmala, Denpasar Bali. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 orang peserta dari Lingkungan SKPD dan instansi terkait di Provinsi Bali.


Dengan di moderator oleh Ida Ayu Nyoman Candrawati,SH.,M.Par.  Adapun narasumber dalam kegiatan Workshop Identifikasi Pusat Informasi dan Konsultasi Bagi Perempuan Penyandang Cacat adalah:  Materi pertama mengenai “Kebijakan Perlindungan Perempuan”  Panduan Umum Pembentukan Pusat Informasi dan Konsultasi Bagi Perempuan Penyandang Cacat dan SOP PIK PPD oleh Asdep Penanganan Masalah Sosial Perempuan KPPPA ibu Dra. Sri Winarsih. Selanjutnya “Kebijakan dan Program Perlindungan Terhadap Disabilitas Perempuan di Provinsi Bali” oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Baliyang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kasi Pelayanan I Made Sudastra,SH serta “Pemenuhan hak Penyandang Disabilitas terkait dalam Pasal 6 UU No.4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat. Serta CRPD yang telah ditetapkan dengan UU No.19 tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-hak Disabilitas oleh Ketua HWDI Provinsi Bai Ayu Ariani.

Sejumlah kebijakan dan peraturan perundang-undangan dalam bidang ketenagakerjaan, pendidikan nasional, kesehatan, kesejahteraan sosial, telah dikeluarkan pemerintah untuk memastikan bahwa para penyandang cacat memiliki kesempatan dan akses yang sama untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang diperoleh orang lain. Serta berbagai upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan hukum terhadap kedudukan, hak, kewajiban, dan peran para penyandang cacat. Namun karena kurang nya informasi maka fasilitas dari pemerintah tersebut tidak banyak yang dapat memanfaatkannya. Maka diperlukan wadah untuk menyalurkan informasi kepada para penyandang disabilitas.  (ph:skn)