Sekapur Sirih

Senin, 20 Februari 2012

 Om Swastiastu, 

      Angayubagya ke-hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Asung Kerta Wara-nugraha-Nya Website ini menjadi salah satu alat informasi yang dipergunakan oleh  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali  dalam menginformasikan  isu gender yang terjadi di masyarakat.
      Gender sebetulnya tidak akan menjadi masalah sepanjang tidak melahirkan ketidakadilan gender bagi kaum laki-laki dan kaum perempuan. Ketidakadilan ini menyebabkan kaum laki-laki maupun kaum perempuan menjadi korban. Untuk memahami bagaimana perbedaan gender menyebabkan ketidakadilan gender, dapat dilihat dari berbagai  ketidakadilan yang ada, antara lain dalam kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat, dunia kerja.

      Gender adalah “perwujudan mental dan cultural terhadap perbedaan kelamin yakni laki-laki dan perempuan” Bagaimana sebaiknya laki-laki dan perempuan bertindak disesuaikan dengan situasi sosial dimana dia berada. Dengan penetapan peran untuk laki-laki dan perempuan yang pantas, akibatnya timbul pandangan, bahwa dunia publik  bersifat maskulin dan pantas untuk pria, dan dunia privat, domistik dan rumah tangga bersifat feminim adalah milik perempuan. Jadi Gender bukan kodrati tapi hasil pembentukan sosial dan budaya dan pandangan  di masyarakat bisa saja berbeda.

             Tugas lain yang terkait dengan masalah perempuan dan Anak yang  ditangani oleh Badan Pemberdayaan perempuan adalah kasus-kasus tindak kekerasan yang dari tahun ke tahun semakin berkembang seperti yang terkait dengan  masalah kejahatan kesusilaan antara lain mencakup  perbuatan cabul, perkosaan, pelacuran, perdagangan wanita, aborsi, maupun penggunaan anak dibawah umur untuk bekerja. Bila dikaitkan dengan gender, pelanggaran tersebut erat kaitannya dengan kekerasan fiisik maupun  mental seseorang.

            Dengan mencuatnya permasalahan gender di masyarakat maka  pemerintah berkewajiban untuk meminimalisir kesenjangan gender yang terjadi dengan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).